Kamis, 20 November 2014
On 13.40 by Unknown in Kenapa Harus Ada Kurikulum?, Makalah Implementasi Kurikulum, Makalah Kurikulum, Mengapa Perllu Kurikulum? No comments
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kurikulum
sebagai sebuah rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis
dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum
di dalam pendidikan dan dalam perkembangan kehidupan manusia, maka dalam
penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh
dan kuat.
Landasan
pengembangan kurikulum tidak hanya diperlukan bagi para penyusun kurikulum atau
kurikulum tertulis yang sering disebut juga sebagai kurikulum ideal, akan
tetapi terutama harus dipahami dan dijadikan dasar pertimbangan oleh para
pelaksana kurikulum yaitu para pengawas pendidikan dan para guru serta
pihak-pihak lain yang terkait dengan tugas-tugas pengelolaan pendidikan,
sebagai bahan untuk dijadikan instrumen dalam melakukan pembinaan terhadap
implementasi kurikulum di setiap jenjang pendidikan. Penyusunan dan
pengembangan kurikulum tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan
berbagai landasan yang kuat agar mampu dijadikan dasar pijakan dalam melakukan
proses penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat memfasilitasi tercapainya
sasaran pendidikan dan pembelajaran secara lebih efektif dan efisien.
B. Tujuan
Melalui
pemaparan topik ini mahasiswa diharapkan:
·
Memiliki wawasan/pemahaman yang luas
tentang landasan pengembangan kurikulum.Mengidentifikasi beberapa landasan
kurikulum yang harus dijadikan dasar pijakan dalam mengembangkan kurikulum oleh
berbagai pihak terkait, seperti para pembuat kebijakan pendidikan, baik di
tingkat pusat maupun daerah dalam melakukan program perencanaan pendidikan
maupun dalam melakukan pembinaan.
·
Memiliki sikap yang positif bahwa
setiap landasan pengembangan kurikulum harus dijadikan dasar pertimbangan oleh
para guru, kepala sekolah terutama dalam mengembangkan isi maupun dalam
melaksanakan proses pembelajaran, sehingga program pendidikan/kurikulum yang
diterapkan memiliki nilai manfaat yang optimal bagi siswa, masyarakat, bangsa,
dan negara.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Jadi, kurikulum bukan hanya dokumen yang berisi tujuan dan garis
bersar program pengajaran akan tetapi akan berarti setelah diterjamahkan secara
relevan dalam bentuk proses belajar mengajar sebagai bentuk operasional system
kurikulum.
B. Rasional Mengapa Kurikulum Pendidikan Harus Ada
Kurikulum merupakan komponen yang sangat penting bagi
berlangsungnya pendidikan. Kurikulum memuat komponen-komponen seperti tujuan,
isi, struktur program, organisasi dan proses belajar mengajar. Oleh karenanya
kurikulum pendidikan harus ada.
Pendidikan sebagai sebuah proses tentunya memiliki tujuan,
seperti dalam UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 bahwa tujuan pendidikan di
Indonesia adalah “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME, beraklah mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Nah, untuk dapat mewujudkan tersebut perlu disusun kurikulum sebagai pedoman
untuk mencapai tujuan baik di tingkat pra sekolah, SD, SMP, SMA dan perguruan
tinggi.
Tanpa adanya kurikulum maka pendidikan akan morat-marit,
tidak tahu kemana arah tujuan yang akan dicapai. Akan tetapi dengan adanya
kurikulum akan mempermudah untuk melaksanakan dan mengimplemantasikan kurikulum
dalam kegiatan belajar mengajar.
Kurikulum akan sangat bermanfaat bagi kepala sekolah untuk dapat mengembangkan sekolah, kemuadia guru untuk memperlancar kagiatan belajar mengajar di kelas, penulis buku ajar dalam menyusun buku sehingga sesuai dengan kurikulum serta masyarakat sebagai pengguna output dari kurikulum.
Kurikulum akan sangat bermanfaat bagi kepala sekolah untuk dapat mengembangkan sekolah, kemuadia guru untuk memperlancar kagiatan belajar mengajar di kelas, penulis buku ajar dalam menyusun buku sehingga sesuai dengan kurikulum serta masyarakat sebagai pengguna output dari kurikulum.
C. Yang Berhak Untuk Mengubah Dan Menyusun Kurikulum
Selama ini kurikulum disusun oleh pakar-pakar pendidikan
yang berada di tingkat pusat. Dari kurikulum tersebut kemudian diterapkan di
seluruh jenjang pendidikan di seluruh wilayah Indonesia. Sekarang ini kurikulum
yang berlaku adalah kurikulum KTSP yang disusun disetiap tingkat satuan
pendidikan. Jadi yang berhak mengubah dan menyusun kurikulum adalah guru dan kepala
sekolah yang merupakan actor yang mengerti bagaimana kondisi real peserta
didiknya. Kurikulum diubah sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya sehingga
dapat meningkatkan potensi, kemampuan, bakat, minat peserta didik serta dapat
melestarikan kebudayaan dan nilai-nilai moral serta budaya yang ada di
masyarakat. Dalam penyusuan kurikulum ini melibatkan berbagai pihak selain guru
yaitu kepala sekolah, komite sekolah dan masyarakat sehingga kurikulum
benar-benar dapat menjadi jembatan bagi tercapainya tujuan sekolah yang telah
dirumuskan.
D. Azas Yang Diperhatikan Dalam Pengembangan Kurikulum
a) Azas Filosofi
Azas filosofi merupakan azas yang berkaitan dengan pandangan
ke depan “What man can become?”akan menjadi apa seseorang di masa depan. Pengembangan
kurikulum harus melihat ke depan, akan dijadikan seperti apa anak-anak kelak,
sehingga dalam langkah pengembangan kurikulum lebih terarah dan dapat mencapai
tujuan seperti yang telah dirumuskan. Azas ini tentunya memperhatikan bagaimana
perkembangan yang terjadi di masyarakat secara global sehingga lulusan yang
dihasilakan dapat diterima oleh masyarakat sebagai pengguna output. Rendahnya
moralitas sekarang ini merupakan satu contoh kegagalan kurikulum yang
diterapkan, karena kurangnya perhatian terhadap aspek moral yang dikembangkan
masih berorientasi pada pencapaian hasil belajar semata yaitu nilai ujian yang
tinggi.
b) Asas Sosiologi
Azas sosiologi berkaitan dengan nilai-nilai yang ada di
lingkungan masyarakat sekitar, karena sekolah merupakan bagian dari masyarakat
sehingga dalam pengembangan kurikulumnya harus memperhatikan nilai-nilai yang
ada di masyarakat secara luas. Dari hasil dan proses pendidikan formal akan
dihasilakan output yang sadar dan paham akan nilai-nilai yang ada di masyarakat
sehingga nantinya dapat menjadi “ agent of social change (agen perubah
nilai-nilai sosial tentunya ke arah yang lebih baik)” dan “conservation of
value (mengkonservasi nilai-nilai menuju pada suatu tatanan masyarakat sosial
yang harmonis dan lebih baik)”.
c) Azas Psikologi
Bahwa dalam pengembangan kurikulu harus memperhatikan aspek
perkembangan peserta didik yaitu psikis, fisik, dan belajar peserta didik
sehingga benar-benar akan dapat menjadikan peserta didik berkembang secara
optimal sesuai dengan bakat dan minat. Hal ini berkaitan dengan “how to teach”
bagaimana guru mengajar berkaiatan dengan rancangan pembelajaran yang disusun,
metode, dan media pembelajaran agar sesuai dengan taraf perkembangan peserta
didik.
d) Azas Organisatoris
Azas organisatoris mengacu pada organisasi kurikulum.
e) Azas Yuridis
Bahwa dalam Negara hukum untuk dapat melaksanakan kurikulum
perlu adanya payung hukum sebagai asas legalitas dan keabsahan kurikulum.
Contoh UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003.
E. Prinsip-Prinsip Yang Harus Diperhatikan Dalam Pengembangan
Kurikulum
a. Prinsip Relevansi
Prinsip relevansi adalah kedekatan hubungan. Apabila
dikaitkan denganpendidikan dengan masyarakat maka harus memilki keterkaitan
yang erat sehingga hasil pendidikan yang diperoleh akan berguna bagi kehidupan
peserta didik di masyarakat.
Prinsip
relevansi menurut Soetopo & Soemanto bahwa relevansi kurikulum :
Ø Pertama
: relevansi pendidikan dengan lingkungan anak didik. Hal ini berkaitan dengan
isi tau muatan kurikulum seperti bahan pengajaran hendaknya disesuaikan dengan
kehidupan anak didik.
Ø Kedua
: relevansi pendidikan dengan kehidupan yang akan dating. Materi atau bahan
yang diajarkan akan bermanfaat bagi kehidupan anak didik di masa yang akan
datang.
Ø Ketiga
: relevansi dunia pendidikan dengan dunia kerja. Kurilukum diakitkan dengan
dunia kerja.
Ø Keempat
: Relevansi pendidikan dengan ilmu pengetahuan. Kurikulum mampu memberikan
peluang dan kesmpatan kepada anak didik untuk dapat mengembangkan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
b. Prinsip Fleksibilitas
Artinya bahwa kurikulum yang dikembangkan harus memilki
ruang gerak yang memberikan kebebasan dalam bertindak. Dalam hal ini berkaitan
dengan fleksibilitas dalam memilih program pendidikan dan fleksibilitas dalam
pengembangan program pembelajaran.
c.
Prinsip Efisiensi
Prinsip efisiensi terkait dengan usaha, biaya, waktu, dan
tenaga yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat membuahkan proses dan
hasil belajar yang optimal. Jadi dalam pengembangan kurikulum harus efisien,
sehingga seperti yang terjadi di pendidikan kita dengan berubah-ubahnya
kurikulum malah justru semakin membingungkan pelaksana pendidikan yaitu guru.
d. Prinsip efektivitas
Prinsip efektivitas adalah sejauh mana perencanaan kurikulum
dapat dicapai sesuai dengan keinginan yang telah ditentukan. Efektivitas
kurikulum berkaitan dengan proses mengajar pendidik, dan proses belajar peserta
didik.
e.
Prinsip Kesinambungan
Prinsip kesinambungan dalam pengembangan kurikulum menunjukkan
adanya keterkaitan antara tingkat pendidikan, jenis dan program pendidikan,
serta bidang studi. Pertama kesinambungan di antara berbagai tingkat sekolah
yang menyangkut bahan pelajaran yang diperlukan untuk belajar lebih lanjut pada
tingkat pendidikan yang lebih tinggi sudah diajarkan pada tingkat pendidikan
sebelumnya, dan bahan pelajaran yang sudah diajarkan pada tingkat yang lebih
rendah tidak diajarkan lagi pada tingkat yang lebih tinggi, sehingga tidak
terjadi tumpang tindih bahan pelajaran. Kedua, kesinambungan diantara berbagai
bidang studi yang berkaitan dengan hubungan antara bidang studi yang satu
dengan yang lain.
f.
Prinsip berorientasi tujuan
Bahwa
langkah awal sebelum memilih dan mengembangkan komponen-komponen kurikulum
aialah menetapkan tujuan. Kemudian komponen kurikulum lainnya dipilih dan
dikembangkan dalam rangka mencapai tujuan tersebut.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kurikulum baik pada tahap kurikulum sebagai ide, rencana,
pengalaman maupun kurikulum sebagai hasil dalam pengembangannya harus mengacu
atau menggunakan landasan yang kuat dan kokoh, agar kurikulum tersebut dapat
berfungsi serta berperan sesuai dengan tuntutan pendidikan yang ingin
dihasilkan seperti tercantum dalam rumusan tujuan pendidikan nasional yang telah
digariskan dalam UU No.20 Tahun 2003.
B. Saran – saran
Saran yang di sampaikan penulis agar dengan membaca makalah
ini disarankan pada pembaca agar mengetahui tentang pentingnyan kurikulum dalam
sistim pembelajaran di sekolah. Penulis mengharapkan saran dan kritik yang
bersifat membangun dari semua pihak untuk kesempurnaan makalah yang akan datan
DAFTAR PUSTAKA
Ansyar,
Mohammad dan Nurtei. 1993. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Bandung :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan & Dirjen Dikti.
Karyadi,
Benny dan Ibrahim. 1996. Pengembangan Inovasi dan Kurikulum Modul 1 – 6.
Jakarta : Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudjana,
Nana. 1996. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung : Sinar
Baru Algerindo.
Tim
Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan. 1996. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Universitas Pendidikan
Indonesia.
Undang-Undang
Republik Indonesia No.XX Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “Filologi” Dosen Pengampu Ahmad Musonnif, M. Hi...
-
MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “ HADITS II ” Dosen Pengampu: Dr . H....
-
TUGAS MAKALAH SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW MATA KULIAH: ‘ULUMUL HADITS Dosen Pembimbing : H.Moh.Khoirul Rifa’i, M....
-
Filsafat Barat muncul di Yunani semenjak kira-kira abad ke-6 SM. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai berpikir dan berdiskusi akan ke...
-
Oleh : Arif Riza Azizi Perpustakaan, sekarang harusnya menjadi tempat yang lebih akrab pada ku, kepada kehidupan keseharian...
-
MAKALAH `ULUMUL HADIST “Pengertian Hadits, Sunnah dan Khabar” Dosen: H.Muh. Khoirul Rifa’I,M.Pd.I Anggota kelompok 1: ...
-
Oleh : Arif Riza Azizi Dalam sejarah peradaban umat manusia, kemajuan suatu bangsa tidak hanya bisa dibangun dengan bermodalkan kek...
-
MAKALAH ULUMUL HADITS HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH DosenPengampu : Muh. KhoirulRifa’I, M.Pd.I ...
-
MAKALAH `ULUMUL HADIST “SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT” Dosen: H.Muh. Khoirul Rifa’I,M.Pd.I Anggota kelompok 4 : Muhamma...
-
Oleh : Arif Riza Hari minggu, para petani tetap giat mencangkuli sawahnya. Tidak ada bedanya dengan hari-hari lainya. Memaknai hari min...
Recent Posts
Categories
- aku dan topi
- Arif Riza Azizi
- artikel filsafat
- bahasa
- bahasa intelektual
- bahasa intelektual membanjiri mahasiswa
- banjir
- banjir bahasa
- BANJIR BAHASA IMPOR
- bekerja kelompok
- belajar membuat artikel bagi pemula
- bercocok tanam
- Berproses Bersama
- bersama lebih mudah
- cara cepat belajar membuat artikel
- cara mudah membuat artikel
- catatanku
- cerita topi
- contoh hadits hasan
- contoh hadits sahih
- contoh makalah perkembangan agama pada remaja
- definisi HADISH MUTAWATIR
- definisi Hadist Ahad menurut para ahli
- definisi hadits hasan
- definisi hadits sahih
- definisi sanad dan matan
- demokrasi menurut Abraham Lincoln
- demokrasi yang ideal
- erupsi
- erupsi bahasa
- Esok Lebih Baik
- Evolusi dunia
- gambaran politik di Indonesia
- HADISH MUTAWATIR
- Hadist Ahad
- hadits hasan
- HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- hadits sahih
- Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- hadits tentang bersuci
- HADITS tentang thaharah
- harapan pahlawan
- hari besar di Indonesia
- hari besar dunia
- hari kebangkitan
- hari merdeka
- hari penting di Indonesia
- hari-hari bersejarah
- Hari-hari Perayaan
- HERMENEUTIKA ALQURAN
- Ilmu Politik
- keburukan plato
- Kenapa Harus Ada Kurikulum?
- Kisi-Kisi Penulisan Soal SMK
- komoditas bahasa
- kumpulan hari bersejarah
- kumpulan hari penting
- kumpulan makalah ulumul hadits terbaru
- lahirnya kebebasan pers di indonesia
- letusan
- Literasi sebagai Rutinitas
- macam hadits sahih
- macam-macam perpustakaa
- makalah HADISH MUTAWATIR
- makalah Hadist Ahad
- makalah hadits hasan
- makalah HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- makalah hadits sahih
- MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH
- MAKALAH HERMENEUTIKA ALQURAN
- Makalah Implementasi Kurikulum
- Makalah Kurikulum
- MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI
- makalah perkembangan agama
- makalah perkembangan agama pada remaja
- makalah SANAD DAN MATAN
- makalah SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- makalah SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- makalah Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- makalah tentang hadis sunnah dan khabar
- makalah tentang Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- makalah teori belajar dan penerapannya
- manfaat membaca
- manfaat topi
- masjid
- Matematika
- Membaca : “Hewan Buas” yang Harus Dilindungi
- membaca efektif
- Memilih presiden yang baik
- memilih presiden yang demokratif
- Mengapa Perllu Kurikulum?
- merdeka
- METODE PENELITIAN FILOLOGI
- minat baca
- Misteri tahun 2012
- multifungsi pertanian
- nabi adam melihat allah
- nabi muhammad bertemu dengan allah
- nabi muhammad melihat allah secara langsung
- pelarian wiji thukul
- pemalsuan sejarah supersemar
- pembagian filsafat dari zamannya
- pembelajaran bersama
- pemikiran keren dari plato
- pemikiran plato
- pemikiran terhebat plato
- pemimpin adil bijaksana
- Pemimpin Dan Politik
- Pemimpin Pembasmi Masalah
- pencederaan uud 45
- pengertian analisis framing secara khusus
- pengertian analisis framing secara terperinci
- pengertian analisis framing secara umum
- pengertian bahasa
- pengertian bias gender
- pengertian HADISH MUTAWATIR
- pengertian Hadist Ahad
- Pengertian Hadits
- pengertian hadits hasan
- pengertian hadits sahih
- Pengertian Literasi
- pengertian membaca
- pengertian sanad dan matan
- penghalang nabi melihat allah
- peran agama dalam mempengaruhi bias gender
- peran budaya pada bias gender
- perbedaan hadits
- perbedaan sanad dan matan
- perjalanan muhammad ke sidrotul muntaha
- perkembangan agama pada remaja
- perkembangan pers indonesia dari zaman proklamasi
- perpustakaan
- Perpustakaan dan Tempat Ibadah
- persamaan sanad dan matan
- pertanian
- Plato; Biografi dan Pemikiran
- pokok struktur filsafat
- politik di Indonesia
- postingan terbaru Plato
- presentase minat baca di Indonesia
- puisi hari kebangkitan
- Puisiku
- pusiku
- rekayasa supersemar
- resensi buku The Mystery of 2012
- ringkasan filsafat
- sahabat topi
- satria piningit
- sejarah analisis framing terbaru
- sejarah analisis framing terupdate
- SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- sejarah kelam indonesia
- sejarah perkembangan pers di indonesia terupdate
- sejarah perpustakaan
- sejarah pertanian indonesia
- sejarah sebagai kebohongan publik
- Singularitas dalam Waktu
- sisi negatif plato
- sistem pertanian di Indonesia
- solusi tepat mengatasi problem bias gender
- solusi tepat mengatasi problem gender
- struktur filsafat
- struktur filsafat terbaru
- struktur filsafat terupdate
- sumbangsih plato bagi dunia
- sunnah dan khabar
- Supersemar Meluruskan atau Memurtadkan Ideologi Bangsa
- supersemar palsu
- tehnik membaca
- tehnik membaca cepat
- tehnik penulisan artikel pemula
- tehnik penulisan artikel terbaik
- tehnik penulisan artikel terbaru
- tempat ibadah
- teori belajar dan penerapannya
- topi sejarah
- topi wiji thukul
Sample Text
Blog Archive
tabber
Statistik
Archive
kesukaan
- chelsea fc
feature content slider
Content left
Content right
Content left
sideCategory1
Category
- aku dan topi
- Arif Riza Azizi
- artikel filsafat
- bahasa
- bahasa intelektual
- bahasa intelektual membanjiri mahasiswa
- banjir
- banjir bahasa
- BANJIR BAHASA IMPOR
- bekerja kelompok
- belajar membuat artikel bagi pemula
- bercocok tanam
- Berproses Bersama
- bersama lebih mudah
- cara cepat belajar membuat artikel
- cara mudah membuat artikel
- catatanku
- cerita topi
- contoh hadits hasan
- contoh hadits sahih
- contoh makalah perkembangan agama pada remaja
- definisi HADISH MUTAWATIR
- definisi Hadist Ahad menurut para ahli
- definisi hadits hasan
- definisi hadits sahih
- definisi sanad dan matan
- demokrasi menurut Abraham Lincoln
- demokrasi yang ideal
- erupsi
- erupsi bahasa
- Esok Lebih Baik
- Evolusi dunia
- gambaran politik di Indonesia
- HADISH MUTAWATIR
- Hadist Ahad
- hadits hasan
- HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- hadits sahih
- Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- hadits tentang bersuci
- HADITS tentang thaharah
- harapan pahlawan
- hari besar di Indonesia
- hari besar dunia
- hari kebangkitan
- hari merdeka
- hari penting di Indonesia
- hari-hari bersejarah
- Hari-hari Perayaan
- HERMENEUTIKA ALQURAN
- Ilmu Politik
- keburukan plato
- Kenapa Harus Ada Kurikulum?
- Kisi-Kisi Penulisan Soal SMK
- komoditas bahasa
- kumpulan hari bersejarah
- kumpulan hari penting
- kumpulan makalah ulumul hadits terbaru
- lahirnya kebebasan pers di indonesia
- letusan
- Literasi sebagai Rutinitas
- macam hadits sahih
- macam-macam perpustakaa
- makalah HADISH MUTAWATIR
- makalah Hadist Ahad
- makalah hadits hasan
- makalah HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- makalah hadits sahih
- MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH
- MAKALAH HERMENEUTIKA ALQURAN
- Makalah Implementasi Kurikulum
- Makalah Kurikulum
- MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI
- makalah perkembangan agama
- makalah perkembangan agama pada remaja
- makalah SANAD DAN MATAN
- makalah SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- makalah SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- makalah Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- makalah tentang hadis sunnah dan khabar
- makalah tentang Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- makalah teori belajar dan penerapannya
- manfaat membaca
- manfaat topi
- masjid
- Matematika
- Membaca : “Hewan Buas” yang Harus Dilindungi
- membaca efektif
- Memilih presiden yang baik
- memilih presiden yang demokratif
- Mengapa Perllu Kurikulum?
- merdeka
- METODE PENELITIAN FILOLOGI
- minat baca
- Misteri tahun 2012
- multifungsi pertanian
- nabi adam melihat allah
- nabi muhammad bertemu dengan allah
- nabi muhammad melihat allah secara langsung
- pelarian wiji thukul
- pemalsuan sejarah supersemar
- pembagian filsafat dari zamannya
- pembelajaran bersama
- pemikiran keren dari plato
- pemikiran plato
- pemikiran terhebat plato
- pemimpin adil bijaksana
- Pemimpin Dan Politik
- Pemimpin Pembasmi Masalah
- pencederaan uud 45
- pengertian analisis framing secara khusus
- pengertian analisis framing secara terperinci
- pengertian analisis framing secara umum
- pengertian bahasa
- pengertian bias gender
- pengertian HADISH MUTAWATIR
- pengertian Hadist Ahad
- Pengertian Hadits
- pengertian hadits hasan
- pengertian hadits sahih
- Pengertian Literasi
- pengertian membaca
- pengertian sanad dan matan
- penghalang nabi melihat allah
- peran agama dalam mempengaruhi bias gender
- peran budaya pada bias gender
- perbedaan hadits
- perbedaan sanad dan matan
- perjalanan muhammad ke sidrotul muntaha
- perkembangan agama pada remaja
- perkembangan pers indonesia dari zaman proklamasi
- perpustakaan
- Perpustakaan dan Tempat Ibadah
- persamaan sanad dan matan
- pertanian
- Plato; Biografi dan Pemikiran
- pokok struktur filsafat
- politik di Indonesia
- postingan terbaru Plato
- presentase minat baca di Indonesia
- puisi hari kebangkitan
- Puisiku
- pusiku
- rekayasa supersemar
- resensi buku The Mystery of 2012
- ringkasan filsafat
- sahabat topi
- satria piningit
- sejarah analisis framing terbaru
- sejarah analisis framing terupdate
- SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- sejarah kelam indonesia
- sejarah perkembangan pers di indonesia terupdate
- sejarah perpustakaan
- sejarah pertanian indonesia
- sejarah sebagai kebohongan publik
- Singularitas dalam Waktu
- sisi negatif plato
- sistem pertanian di Indonesia
- solusi tepat mengatasi problem bias gender
- solusi tepat mengatasi problem gender
- struktur filsafat
- struktur filsafat terbaru
- struktur filsafat terupdate
- sumbangsih plato bagi dunia
- sunnah dan khabar
- Supersemar Meluruskan atau Memurtadkan Ideologi Bangsa
- supersemar palsu
- tehnik membaca
- tehnik membaca cepat
- tehnik penulisan artikel pemula
- tehnik penulisan artikel terbaik
- tehnik penulisan artikel terbaru
- tempat ibadah
- teori belajar dan penerapannya
- topi sejarah
- topi wiji thukul
Followers
About me
Follow
Content left
Content right
Content right
sideCategory2
Catwidget2
Catwidget1
Catwidget4
Catwidget3
topads
Diberdayakan oleh Blogger.
Translate
Popular Posts
-
MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “Filologi” Dosen Pengampu Ahmad Musonnif, M. Hi...
-
MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “ HADITS II ” Dosen Pengampu: Dr . H....
-
TUGAS MAKALAH SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW MATA KULIAH: ‘ULUMUL HADITS Dosen Pembimbing : H.Moh.Khoirul Rifa’i, M....
-
Filsafat Barat muncul di Yunani semenjak kira-kira abad ke-6 SM. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai berpikir dan berdiskusi akan ke...
-
Oleh : Arif Riza Azizi Perpustakaan, sekarang harusnya menjadi tempat yang lebih akrab pada ku, kepada kehidupan keseharian...
-
MAKALAH `ULUMUL HADIST “Pengertian Hadits, Sunnah dan Khabar” Dosen: H.Muh. Khoirul Rifa’I,M.Pd.I Anggota kelompok 1: ...
-
Oleh : Arif Riza Azizi Dalam sejarah peradaban umat manusia, kemajuan suatu bangsa tidak hanya bisa dibangun dengan bermodalkan kek...
-
MAKALAH ULUMUL HADITS HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH DosenPengampu : Muh. KhoirulRifa’I, M.Pd.I ...
-
MAKALAH `ULUMUL HADIST “SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT” Dosen: H.Muh. Khoirul Rifa’I,M.Pd.I Anggota kelompok 4 : Muhamma...
-
Oleh : Arif Riza Hari minggu, para petani tetap giat mencangkuli sawahnya. Tidak ada bedanya dengan hari-hari lainya. Memaknai hari min...
0 komentar:
Posting Komentar