Minggu, 24 Agustus 2014
MAKALAH
ULUMUL HADITS
HADITS RIWAYAH
DAN DIROYAH
DosenPengampu :
Muh. KhoirulRifa’I, M.Pd.I
Kelompok 6:
Imro’atusSolikah 2814133219
M. Fajarul Huda 2814133116
MufaLatifatulUmma 2814133120
PRODI/KELAS : TadrisMatematika/ 2 D
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
IAIN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI
(IAIN)TULUNGAGUNG
2014
Kata Pengantar
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah,
segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT,yang telah
melimpahkan Rahmat serta InayahNya sehingga kami mampu menyelesaikan penulisan
makalah Ulumul Hadits dan tak lupa kami ucapakan terima kasih kepada
teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan makalah ini.sarana
penunjang makalah ini kami susun berdasarkan referensi yang bermacam-macam.Hal ini dengan tujuan
untuk membantu para mahasiswa untuk mengetahui,memahami bahkan menerapkannya.
Adapun
makalah ini kami susun dengan tujuan: Pertama, mempermudah mahasiswa untuk
menyampaikan materi yang ada. Kedua, mempermudah mahasiswa untuk belajar.
Ketiga, dapat memperlancar proses belajar dan mengajar,sehingga mahasiswa
menjadi aktif.
Namun
demikian, dalam penulisan makalah ini masih terdapat kelemahan dan
kekurangan.oleh karena itu, saran dan kritik dari berbagai pihak sangat di
harapkan.
Akhirul
kalam,semoga yang tersaji ini dapat memberikan bantuan kepada para mahasiswa dalam menyelenggarakan
proses belajar mengajar di Kampus.Aamiin
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tulungagung, 18 Juni2014
Daftar Isi
Cover
Bab I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Mempelajari proses belajarmengajarhadits merupakanilmupengetahuan yang
pentingdalankehidupankita, karenahadits merupakansumber hukumkeduasetelah Al-Quran.
Hadits merupakanilmupengetahuan yang membicarakancara-carapersambunganhadits sampaikepadaRasulullah SAW.,
darisegihalihwalparaperawinya, yang
menyangkutkedabitandankeadilannyadandarisegibersambungdanterputusnyasanaddansebagainya.
B.
RumusanMasalah
1. Bagaimanapengertianilmuhaditsriwayah?
2. Bagaimanapengertianilmuhaditsriwayah?
3. Bagaimanaperbedaanantarailmuhaditsriwayahdandirayah
?
4. Apasajacabang-cabangilmuhaditsriwayahdandirayah
?
C.
TujuanMasalah
1. Mengetahuipengertianhaditsriwayah.
2. Mengetahuipengertianhaditsriwayah.
3. Mengetahuiperbedaanantarailmuhaditsriwayahdandirayah.
4. Mengetahuicabang-cabangilmuhaditsriwayahdandirayah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
HaditsRiwayah
A.
Pengertian
Jumhurulama’
memberikanbatasantentangdefinisihaditsriwayah, ialah :
suatuilmuuntukmengetahuisabda-sabdanabiperbuatan-perbuatannabitakrir-takrirnabidansifat-sifatbeliau.[1]
B.
ObjekKajian
ObjekkajianIlmuHadits RiwayahadalahdiriNabi saw.
baikdarisegiperkataan, perbuatan, maupunpersetujuanbeliau yang
diriwayatkansecaratelitidanberhati-hati, tanpamembicarakanshahihatautidaknya.
Dengandemikianilmuhaditsriwayahmempelajariperiwayatan yang mengakumulasiapa,
siapadandarisiapaberitaitudiriwayatkantanpamempersyaratkanshahihatautidaknyasuatuperiwayatan.[2]Dengan
kata lain yang menjadiobjekkajianIlmuHaditsDirayahadalah :
1.
Cara periwayatandarisaturawikerawilain,
2.
Cara pemeliharaanHadits, yaitudalambentukpenghafalan,
penulisan, danpembukuannya.
Ilmu yang
mempelajarishahihatautidaknyasuatuperiwayatanbukanlahIlmuHadits Riwayah.
C.
TujuandanManfaat
Tujuandanfaedahmempelajariilmuhaditsriwayahiniialahuntuk[3]:
1. Memeliharahaditssecaraberhati-hatidarisegalakesalahandankekurangandalamperiwayatan,
2. MemeliharakemurnianSyariahIslamiyahkarenasunnahatauhaditsadalahsumber
hokum islam,
3. Menyebarluaskansunnahkepadaseluruhumat
Islam sehinggasunnahdapatditerimaolehseluruhumatmanusia.
4. MenekunidanmeneladaniakhlakNabi saw.
Karenatingkahlakudanakhlakbeliauterperincidimuatdalamhadits.
5. Malaksanakanhukum-hukumIslam
sertamemeliharaetika-etikanya,
kerenaseseorangtidakmampumemeliharahaditssebagaisubersyari’at Islam
tanpamempelajariIlmuHaditsRiwayah.
AdapunpendiriIlmuHaditsRiwayahadalah
Muhammad bin SyihabAz-Zuhry (w. 124 H) yakni orang pertama yang
melakukanpenghimpunaIlmuHaditsRiwayahsecara formal berdasarkaninstruksiKhalifah
Umar bin Abdul Aziz. KemudianjejakAz-ZuhrydilanjutkanolehUlama’-Ulama’
haditslain, seperti : Al-Bukhari, At-Tirmidzi, dll.
2.2
IlmuhaditsDirayah
A.
Pengertian
Yang dimaksudilmuhaditsdirayahadalah : ilmu
yang mempelajaritentangkaedah-kaedahuntukmengetahuihalikhwalsanah, matan.[4]
B.
ObjekKajian
AdapunobjekkajianataupokokbahasanIlmuHaditsDirayahiniadalahsanaddanmatanHadits.[5]
Pembahasantentangsanadmeliputi:
a.
Segipersambungansanad (ittishal al-sanad),
yaitubahwasuaturangkaiansanadHaditsharuslahbersambungmulaidariSahabatsampaikepadaperiwayatterakhir
yang menuliskanataumembukukanHaditstersebut; olehkaryanya,
tidakdibenarkansuaturangkaiansanadtersebut yang terputus,
tersembunyitidakdiketahuiidentitasnyaatautersamar.
b.
Segiketerpercayaansanad (tsiqat al-sanad),
yaitubahwasetiapperawi yang terdapat di dalamsanadsuatuHaditsharusmemilikisifatHaditsataudhabith
(kuatdancermathafalanataudokumentasiHaditsnya).
c.
Segikeselamatannyadarikejanggalan (syadz).
d.
Keselamatandaricacat (i’llat).
e. Tinggidanrendahnyamartabatsuatusanad.
Sedangkanpembahasanmengenaimatanadalahmeliputisegike-shahi-hanatauke-dha’ifan-nya.
Hal inidapatterlihatmelaluikesejalanannyadenganmaknadantujuan yang terkandung di dalam Al-Quran,
atauselamatnya:
a. Dari kejanggalanredaksi (rakyat al-faz).
b. Dari cacatataukejanggalanpadamaknanya
(lafaz al-ma’an), karenabertentangandenganakaldanpancaindera,
ataudenganfaktasejarah.
c. Dari kata-kata asing (gharib), yaitu
kata-kata yang tidakbisadipahamiberdasarkanmaknanya yang umumdikenal.
C. ManfaatdanTujuan
a.
Mengetahuipertumbuhandanperkembanganhadits darimasakemasasejakmasaRasul SAW
sampaisekarang.
b.
Dapatmengetahuitokoh-tokohdanusaha-usaha
yang telahmerekalakukandalammengumpulkan, memeliharadanmeriwayatkanhadits.
c.
Mengetahuikaidah-kaidah
yang dipergunakanolehparaUlamadalammengklasifikasikanhadits lebihlanjut.
d.
Dapat mengetahui istilah-istilah,
nilai-nilai, dan kriteria-kriteria hadits sebagai pedoman dalam beristimbat.
Dari beberapafaedah di atas,
apabiladiambilintisarinya, makafaedahmempelajariIlmuHadisDirayahadalahuntukmengetahuikualitassebuahhadits, apabilaiamaqbul (diterima) danmardud
(ditolak),
baikdilihatdarisudutsanadmaupunmatannya.[7]
Perbedaan Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah
Tinjauan
|
Ilmu Hadits
Riwayah
|
Ilmu Hadits
Dirayah
|
Objek pembahasan
|
Cara
periwayatandarisaturawikerawilain,
Cara
pemeliharaanHadits, yaitudalambentukpenghafalan, penulisan, danpembukuannya.
|
Hakikat,
sifat-sifat dan kaidah-kaidah dalam periwayatan.
|
Pendiri
|
Muhammad bin
Syihab Az-Zuhri (w. 124 H).
|
Abu Muhammad
Al-Hasan bin Abdurrahman bin Khalad Ar-Ramahurmuzi (w. 360 H)
|
Tujuan
|
Memelihara
syari’ah Islam dan otentisitas Sunnah
|
Meneliti
hadits berdasarkan kaidah-kaidah ataupersyaratan
dalam
periwayatan.
|
Faedah
|
Menjauhi
kesalahan dalam periwayatan.
|
Mengetahui
periwayatan yang diterima (maqbul) dan yang tertolak (mardud)
|
2.3 Cabang-CabangIlmuHadits
Banyaksekalijumlahilmuhadits, paraulama’
menghitungnyasecaraberagam. Ibnu Ash-Shalahmenghitungnya 65 cabang, adajuga
yang menghitunghanya 10 hingga 6 cabangtergantungkepentinganpenghitunganitusendiri,
ada yang menghitungnyasecaraterperinciadajuga yang menghitungnyasecara global
saja[8].
Berikutakandipaparkancabang-cabangilmuhaditssecara global, yakniada 10 cabang :
1. IlmuRijal Al-Hadits
IlmuRijal Al-Haditsdibagimenjadi 2, yaitu :
a) IlmuTawarikhAr-Ruwah, yaituilmu yang
membahastentanghalkeadaanparaperawihaditsdanbiografinyadarisegikelahirankewafatanmereka,
siapa guru-gurunyaataudarisiapamerekamenerimasunnahdansiapamurid-muridnyaataukepadasiapamerekamenyampaikanperiwayatanhadits,
baikdarikalanganparasahabat, tabi’in, dantabi’ tabi’in.
b) 'Ilrn al-Jarh wa at-Ta'dil adalah ilmu yang membahas hal ikhwal
rawi (periwayat) dengan menyoroti kesalehan dan kejelekannya, untuk menentukan
periwayatannya dapat diterima atau ditolak. Untuk menunjukkan atau menilai
kekuatan periwayatan seseorang digunakan ungkapan-ungkapanseperti:
"orangyang paling terpercaya",
"orang yang kuat lagi teguh", dan
"orang yang tidak cacat"
2. Ilmu Al-Jarhwa At-Ta’dil
Dr. Shubi Ash-ShahihmemberikandefinisiIlmu Al-Jarhwa
At-Ta’dilyaituilmu yang membahastentangparaperawidarisegapa yang dating
darikeadaanmereka, dariapa yang mencelamerekaatau yang
memujimerekadenganmenggunakan kata-kata khusus.Jadi,
ilmuinimembahastentangnilaicacat (al-jarh) atauadilnya (at-ta’dil)
seorangperawidenganmenggunakanungkapan kata-kata danmemilikihirarkitertentu.
3. IlmuIlal Al-Hadits
Dalambahasa
al-illahdiartikan al-maradh = penyakit. DalamistilahilmuhaditsIlmuIlal
Al-Haditsadalahsuatusebabtersembunyi yang membuatcacatpadahaditssementaralahirnyatidaknampakadanyacacattersebut.
4.
Ilmu
Gharib Al-Hadits
Ilmu Gharib
Al-Hadits adalah ilmu yang mempelajari
makna matan hadis dari lafal yang sulit dan asing bagi kebanyakan manusia,
karena tidak umum dipakai orang Arab.
5.
Ilmu
Mukhtalif Al-Hadits
Ilmu Mukhtalif
Al-Hadits adalah adalah ilmu yang membahas hadis-hadis yang lahirnya terjadi
kontradiksi akan tetapi dapat dikompromikan, baik dengan cara di taqyid
(pembatasan ) yang mutlak, takhshish al-‘am (pengkususan yang umum), atau
dengan yang lain.
6.
Ilmu
Nasikh wa Mansukh
Ilmu Nasikh wa
Mansukh membahas hadis-hadis yang kontradiktif yang tidak mungkin
dikompromikan, maka salah satunya yang datangnya belakangan sebagai nasikh dan
yang lain datangnya duluan sebagai mansukh.
7.
Ilmu
Fann Al-Mubhamat
Ilmu Fann
Al-Mubhamat adalah ilmu yang membicarakan tentang seseorang yang samar namanya
dalam matan atau sanad.
8.
Ilmu
Asbab Wurud Al-Hadits
Ilmu Asbab
Wurud Al-Hadits adalah ilmu yang menerangkan sebab-sebab datangnya hadis dan
beberapa munasabahnya (latar belakangnya).
9.
Ilmu
Tashhif Wa Tahrif
Ilmu Tashhif Wa
Tahrif adalah ilmu yang membahas hadis-hadis yang diubah titiknya (mushahhaf)
atau dirubah bentuknya (muharraf).
10.
Ilmu
Mushthalah Al-Hadits
Ilmu Mushthalah
Al-Hadits adalah ilmu yang membahas
tentang pengertian istilah-istilah ahli hadis dan yang dikenal antara mereka.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Definisihaditsriwayah, ialah :
suatuilmuuntukmengetahuisabda-sabdanabiperbuatan-perbuatannabitakrir-takrirnabidansifat-sifatbeliau.Tujuandanfaedahmempelajariilmuhaditsriwayahiniialahuntukmengetahuisegala
yang
berpautandenganpribadinabidalamusahamemahamidanmengamalkanajaranbeliaugunamemperolehkemenangandankebahagiaanhidupduniaakhirat.
SedangkanYang dimaksudilmuhaditsdirayahadalah
: ilmu yang mempelajaritentangkaedah-kaedahuntukmengetahuihalikhwalsanah,
matan, cara-caramenerimadanmenyampaikanhadits, sifat-sifatrawidansebagainya.Tujuandanfaedahmempelajariilmuhaditsdirayahiniialahuntukmengetshuidanmenetapkantentangmaqbul
(dapatditerima) danmardudnya (tertolaknya ) suatuhaditsnabi saw.
DaftarRujukan
Ismail, Drs. M Syuhudi(1991). IlmuHaditsI. Angkasa. Bandung
Khon, Dr. H. Abdul Majid, M.Ag (2010). UlumulHadis.
AMZAH: Jakarta
http://nisalah20.blogspot.com/2013/04/perbedaan-ilmu-hadits-riwayah-dan.htmldiaksespada 16-05-2014,
pukul 10.12
WIB
[2]Dr. H. Abdul MajidKhon, M.Ag (2010). UlumulHadis.
AMZAH: Jakarta hal.69-70
[3]Ibid. hal. 70-71
[5]Dr. H. Abdul MajidKhon, M.Ag. UlumulHadis,……..hal.
72
[6] 'http://ilmubudayadasar-wanda.blogspot.com/2011/12/ilmu-hadits-riwayah-dan-hadits-dirayah.htmldiaksespada 16/05/2014 pukul 10.18 WIB
[8]Dr. H. Abdul MajidKhon, M.Ag. UlumulHadis,……..hal.
84-92
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “Filologi” Dosen Pengampu Ahmad Musonnif, M. Hi...
-
MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “ HADITS II ” Dosen Pengampu: Dr . H....
-
Oleh : Arif Riza Azizi Perpustakaan, sekarang harusnya menjadi tempat yang lebih akrab pada ku, kepada kehidupan keseharian...
-
Oleh : Arif Riza Hari minggu, para petani tetap giat mencangkuli sawahnya. Tidak ada bedanya dengan hari-hari lainya. Memaknai hari min...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Kurikulum sebagai sebuah rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strat...
-
HADISH MUTAWATIR DIGUNAKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS ULUMUL HADITS Dosen : H. Muh. Khoirul Rifa’i,M.Pd.i Disusun oleh : Kelompok 8 ...
-
MAKALAH ULUMUL HADITS HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH DosenPengampu : Muh. KhoirulRifa’I, M.Pd.I ...
-
NABI Adam a.s gembira apabila menoleh kepalanya ke kanan kerana menyaksikan kalangan zuriatnya, iaitu u...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan dimana guru (pengajar) dan murid (pe...
-
M akalah Ulumul hadits Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam Dosen: Khoirul Rifa’i, M.Pd.I Anggta kelompok: Ist...
Recent Posts
Categories
- aku dan topi
- Arif Riza Azizi
- artikel filsafat
- bahasa
- bahasa intelektual
- bahasa intelektual membanjiri mahasiswa
- banjir
- banjir bahasa
- BANJIR BAHASA IMPOR
- bekerja kelompok
- belajar membuat artikel bagi pemula
- bercocok tanam
- Berproses Bersama
- bersama lebih mudah
- cara cepat belajar membuat artikel
- cara mudah membuat artikel
- catatanku
- cerita topi
- contoh hadits hasan
- contoh hadits sahih
- contoh makalah perkembangan agama pada remaja
- definisi HADISH MUTAWATIR
- definisi Hadist Ahad menurut para ahli
- definisi hadits hasan
- definisi hadits sahih
- definisi sanad dan matan
- demokrasi menurut Abraham Lincoln
- demokrasi yang ideal
- erupsi
- erupsi bahasa
- Esok Lebih Baik
- Evolusi dunia
- gambaran politik di Indonesia
- HADISH MUTAWATIR
- Hadist Ahad
- hadits hasan
- HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- hadits sahih
- Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- hadits tentang bersuci
- HADITS tentang thaharah
- harapan pahlawan
- hari besar di Indonesia
- hari besar dunia
- hari kebangkitan
- hari merdeka
- hari penting di Indonesia
- hari-hari bersejarah
- Hari-hari Perayaan
- HERMENEUTIKA ALQURAN
- Ilmu Politik
- keburukan plato
- Kenapa Harus Ada Kurikulum?
- Kisi-Kisi Penulisan Soal SMK
- komoditas bahasa
- kumpulan hari bersejarah
- kumpulan hari penting
- kumpulan makalah ulumul hadits terbaru
- lahirnya kebebasan pers di indonesia
- letusan
- Literasi sebagai Rutinitas
- macam hadits sahih
- macam-macam perpustakaa
- makalah HADISH MUTAWATIR
- makalah Hadist Ahad
- makalah hadits hasan
- makalah HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- makalah hadits sahih
- MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH
- MAKALAH HERMENEUTIKA ALQURAN
- Makalah Implementasi Kurikulum
- Makalah Kurikulum
- MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI
- makalah perkembangan agama
- makalah perkembangan agama pada remaja
- makalah SANAD DAN MATAN
- makalah SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- makalah SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- makalah Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- makalah tentang hadis sunnah dan khabar
- makalah tentang Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- makalah teori belajar dan penerapannya
- manfaat membaca
- manfaat topi
- masjid
- Matematika
- Membaca : “Hewan Buas” yang Harus Dilindungi
- membaca efektif
- Memilih presiden yang baik
- memilih presiden yang demokratif
- Mengapa Perllu Kurikulum?
- merdeka
- METODE PENELITIAN FILOLOGI
- minat baca
- Misteri tahun 2012
- multifungsi pertanian
- nabi adam melihat allah
- nabi muhammad bertemu dengan allah
- nabi muhammad melihat allah secara langsung
- pelarian wiji thukul
- pemalsuan sejarah supersemar
- pembagian filsafat dari zamannya
- pembelajaran bersama
- pemikiran keren dari plato
- pemikiran plato
- pemikiran terhebat plato
- pemimpin adil bijaksana
- Pemimpin Dan Politik
- Pemimpin Pembasmi Masalah
- pencederaan uud 45
- pengertian analisis framing secara khusus
- pengertian analisis framing secara terperinci
- pengertian analisis framing secara umum
- pengertian bahasa
- pengertian bias gender
- pengertian HADISH MUTAWATIR
- pengertian Hadist Ahad
- Pengertian Hadits
- pengertian hadits hasan
- pengertian hadits sahih
- Pengertian Literasi
- pengertian membaca
- pengertian sanad dan matan
- penghalang nabi melihat allah
- peran agama dalam mempengaruhi bias gender
- peran budaya pada bias gender
- perbedaan hadits
- perbedaan sanad dan matan
- perjalanan muhammad ke sidrotul muntaha
- perkembangan agama pada remaja
- perkembangan pers indonesia dari zaman proklamasi
- perpustakaan
- Perpustakaan dan Tempat Ibadah
- persamaan sanad dan matan
- pertanian
- Plato; Biografi dan Pemikiran
- pokok struktur filsafat
- politik di Indonesia
- postingan terbaru Plato
- presentase minat baca di Indonesia
- puisi hari kebangkitan
- Puisiku
- pusiku
- rekayasa supersemar
- resensi buku The Mystery of 2012
- ringkasan filsafat
- sahabat topi
- satria piningit
- sejarah analisis framing terbaru
- sejarah analisis framing terupdate
- SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- sejarah kelam indonesia
- sejarah perkembangan pers di indonesia terupdate
- sejarah perpustakaan
- sejarah pertanian indonesia
- sejarah sebagai kebohongan publik
- Singularitas dalam Waktu
- sisi negatif plato
- sistem pertanian di Indonesia
- solusi tepat mengatasi problem bias gender
- solusi tepat mengatasi problem gender
- struktur filsafat
- struktur filsafat terbaru
- struktur filsafat terupdate
- sumbangsih plato bagi dunia
- sunnah dan khabar
- Supersemar Meluruskan atau Memurtadkan Ideologi Bangsa
- supersemar palsu
- tehnik membaca
- tehnik membaca cepat
- tehnik penulisan artikel pemula
- tehnik penulisan artikel terbaik
- tehnik penulisan artikel terbaru
- tempat ibadah
- teori belajar dan penerapannya
- topi sejarah
- topi wiji thukul
Sample Text
Blog Archive
-
▼
2014
(36)
-
▼
Agustus
(11)
- hadits hasan
- hadits sahih
- Hadist Ahad
- HADISH MUTAWATIR
- “SANAD DAN MATAN”
- HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- Pengertian Hadits, Sunnah dan Khabar
-
▼
Agustus
(11)
tabber
Statistik
Archive
-
▼
2014
(36)
-
▼
Agustus
(11)
- hadits hasan
- hadits sahih
- Hadist Ahad
- HADISH MUTAWATIR
- “SANAD DAN MATAN”
- HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- Pengertian Hadits, Sunnah dan Khabar
-
▼
Agustus
(11)
kesukaan
- chelsea fc
feature content slider
Content left
Content right
Content left
sideCategory1
Category
- aku dan topi
- Arif Riza Azizi
- artikel filsafat
- bahasa
- bahasa intelektual
- bahasa intelektual membanjiri mahasiswa
- banjir
- banjir bahasa
- BANJIR BAHASA IMPOR
- bekerja kelompok
- belajar membuat artikel bagi pemula
- bercocok tanam
- Berproses Bersama
- bersama lebih mudah
- cara cepat belajar membuat artikel
- cara mudah membuat artikel
- catatanku
- cerita topi
- contoh hadits hasan
- contoh hadits sahih
- contoh makalah perkembangan agama pada remaja
- definisi HADISH MUTAWATIR
- definisi Hadist Ahad menurut para ahli
- definisi hadits hasan
- definisi hadits sahih
- definisi sanad dan matan
- demokrasi menurut Abraham Lincoln
- demokrasi yang ideal
- erupsi
- erupsi bahasa
- Esok Lebih Baik
- Evolusi dunia
- gambaran politik di Indonesia
- HADISH MUTAWATIR
- Hadist Ahad
- hadits hasan
- HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- hadits sahih
- Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- hadits tentang bersuci
- HADITS tentang thaharah
- harapan pahlawan
- hari besar di Indonesia
- hari besar dunia
- hari kebangkitan
- hari merdeka
- hari penting di Indonesia
- hari-hari bersejarah
- Hari-hari Perayaan
- HERMENEUTIKA ALQURAN
- Ilmu Politik
- keburukan plato
- Kenapa Harus Ada Kurikulum?
- Kisi-Kisi Penulisan Soal SMK
- komoditas bahasa
- kumpulan hari bersejarah
- kumpulan hari penting
- kumpulan makalah ulumul hadits terbaru
- lahirnya kebebasan pers di indonesia
- letusan
- Literasi sebagai Rutinitas
- macam hadits sahih
- macam-macam perpustakaa
- makalah HADISH MUTAWATIR
- makalah Hadist Ahad
- makalah hadits hasan
- makalah HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH
- makalah hadits sahih
- MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH
- MAKALAH HERMENEUTIKA ALQURAN
- Makalah Implementasi Kurikulum
- Makalah Kurikulum
- MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI
- makalah perkembangan agama
- makalah perkembangan agama pada remaja
- makalah SANAD DAN MATAN
- makalah SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- makalah SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- makalah Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- makalah tentang hadis sunnah dan khabar
- makalah tentang Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam
- makalah teori belajar dan penerapannya
- manfaat membaca
- manfaat topi
- masjid
- Matematika
- Membaca : “Hewan Buas” yang Harus Dilindungi
- membaca efektif
- Memilih presiden yang baik
- memilih presiden yang demokratif
- Mengapa Perllu Kurikulum?
- merdeka
- METODE PENELITIAN FILOLOGI
- minat baca
- Misteri tahun 2012
- multifungsi pertanian
- nabi adam melihat allah
- nabi muhammad bertemu dengan allah
- nabi muhammad melihat allah secara langsung
- pelarian wiji thukul
- pemalsuan sejarah supersemar
- pembagian filsafat dari zamannya
- pembelajaran bersama
- pemikiran keren dari plato
- pemikiran plato
- pemikiran terhebat plato
- pemimpin adil bijaksana
- Pemimpin Dan Politik
- Pemimpin Pembasmi Masalah
- pencederaan uud 45
- pengertian analisis framing secara khusus
- pengertian analisis framing secara terperinci
- pengertian analisis framing secara umum
- pengertian bahasa
- pengertian bias gender
- pengertian HADISH MUTAWATIR
- pengertian Hadist Ahad
- Pengertian Hadits
- pengertian hadits hasan
- pengertian hadits sahih
- Pengertian Literasi
- pengertian membaca
- pengertian sanad dan matan
- penghalang nabi melihat allah
- peran agama dalam mempengaruhi bias gender
- peran budaya pada bias gender
- perbedaan hadits
- perbedaan sanad dan matan
- perjalanan muhammad ke sidrotul muntaha
- perkembangan agama pada remaja
- perkembangan pers indonesia dari zaman proklamasi
- perpustakaan
- Perpustakaan dan Tempat Ibadah
- persamaan sanad dan matan
- pertanian
- Plato; Biografi dan Pemikiran
- pokok struktur filsafat
- politik di Indonesia
- postingan terbaru Plato
- presentase minat baca di Indonesia
- puisi hari kebangkitan
- Puisiku
- pusiku
- rekayasa supersemar
- resensi buku The Mystery of 2012
- ringkasan filsafat
- sahabat topi
- satria piningit
- sejarah analisis framing terbaru
- sejarah analisis framing terupdate
- SEJARAH HADITS PADA MASA SAHABAT
- SEJARAH HADITS PADA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW
- Sejarah Hadits Setelah Sahabat Dan Kodifikasi Hadits
- sejarah kelam indonesia
- sejarah perkembangan pers di indonesia terupdate
- sejarah perpustakaan
- sejarah pertanian indonesia
- sejarah sebagai kebohongan publik
- Singularitas dalam Waktu
- sisi negatif plato
- sistem pertanian di Indonesia
- solusi tepat mengatasi problem bias gender
- solusi tepat mengatasi problem gender
- struktur filsafat
- struktur filsafat terbaru
- struktur filsafat terupdate
- sumbangsih plato bagi dunia
- sunnah dan khabar
- Supersemar Meluruskan atau Memurtadkan Ideologi Bangsa
- supersemar palsu
- tehnik membaca
- tehnik membaca cepat
- tehnik penulisan artikel pemula
- tehnik penulisan artikel terbaik
- tehnik penulisan artikel terbaru
- tempat ibadah
- teori belajar dan penerapannya
- topi sejarah
- topi wiji thukul
Followers
About me
Follow
Content left
Content right
Content right
sideCategory2
Catwidget2
Catwidget1
Catwidget4
Catwidget3
topads
Diberdayakan oleh Blogger.
Translate
Popular Posts
-
MAKALAH METODE PENELITIAN FILOLOGI Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “Filologi” Dosen Pengampu Ahmad Musonnif, M. Hi...
-
MAKALAH HADITS-HADITS TENTANG THAHARAH Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kulia h “ HADITS II ” Dosen Pengampu: Dr . H....
-
Oleh : Arif Riza Azizi Perpustakaan, sekarang harusnya menjadi tempat yang lebih akrab pada ku, kepada kehidupan keseharian...
-
Oleh : Arif Riza Hari minggu, para petani tetap giat mencangkuli sawahnya. Tidak ada bedanya dengan hari-hari lainya. Memaknai hari min...
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Kurikulum sebagai sebuah rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strat...
-
HADISH MUTAWATIR DIGUNAKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS ULUMUL HADITS Dosen : H. Muh. Khoirul Rifa’i,M.Pd.i Disusun oleh : Kelompok 8 ...
-
MAKALAH ULUMUL HADITS HADITS RIWAYAH DAN DIROYAH DosenPengampu : Muh. KhoirulRifa’I, M.Pd.I ...
-
NABI Adam a.s gembira apabila menoleh kepalanya ke kanan kerana menyaksikan kalangan zuriatnya, iaitu u...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan dimana guru (pengajar) dan murid (pe...
-
M akalah Ulumul hadits Hadits Sebagai Sumber Hukum Dalam Islam Dosen: Khoirul Rifa’i, M.Pd.I Anggta kelompok: Ist...
0 komentar:
Posting Komentar